not copas

Selasa, 13 Oktober 2015

Pengertian Serta Contoh Paragraf Deduktif Induktif dan Campuran

1. Paragraf deduktif

Paragraf deduktif adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal kalimat. Paragraf ini diawali dengan menjelaskan permasalahan umum (Gagasan utama) yang kemudian dijelaskan atau didukung oleh beberapa kalimat pendukung yang berupa data, contoh, ilustrasi dan lain-lain setelahnya.

Secara umum paragraf ini memiliki pola:

Umum,
Khusus,
Khusus

Contoh:
1. Paragraf deduktif

Paragraf 1
  Indonesia merupakan sebuah bangsa yang besar. Ini bisa dilihat dari banyaknya jumlah suku-suku yang tinggal di Indonesia seperti suku batak, jawa, lampung dan bali. Keragaman suku tersebut memiliki bahasa daerah yang berbeda-beda. Kita juga memiliki kebudayaan yang sangat beragam. Tidak hanya sukunya saja yang banyak, Indonesia juga memiliki ribuan pulau yang terbentang dari sabang hingga merauke.

Paragraf 2

Olahraga sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Dengan olahraga yang teratur tubuh menjadi sehat dan lincah. Hal ini dikarenakan olahraga membantu proses metabolisme di dalam tubuh kita sehingga menghasilkan energy untuk menunjang aktivitas kehidupan sehari-hari. Olahraga juga bisa membuat tubuh kita bugar sehingga membuat kita semangat sepanjang hari.

Paragraf 3

Berlibur di pulau bali sangatlah menyenagkan. Di sana kita akan melihat pemandangan-pemandangan yang sangat indah dan terkenal seperti tanah lot, pantai sanur, pantai lovina, tanjung benoa dan patung GWK. Tak hanya tempat wisatanya yang indah, Bali juga memiliki kebudayaan yan unik seperti tari barong, kecak dan masih banyak lagi. Kita juga bisa melakukan kunjungan ke desa-desa yang masih sangat traditional. Di sana kita akan disambut oleh kehangatan penduduk loal yang sangat ramah.

2. Paragraf Induktif
Paragraf induktif adalah paragraf yang kalimat utamanya diletakan di akhir paragraf. Kalimat ini juga sering disebut dengan kesimpulan. Paragraf ini diawali oleh pemaparan-pemaparan khusus yang berupa kalimat pendukung dan diakhiri dengan suatu kesimpulan.

Paragraf induktif bisa dikembangkan menjadi beberapa jenis paragraf seperti paragraf generalisasi, analogi dan sebab akibat. Semua paragraf tersebut memiliki kalimat utama pada bagian akhir kalimat.

Secara umum, paragraf induktif memiliki pola sebagai berikut:

Khusus
Khusus
Umum

Contoh:
Paragraf Induktif

Paragraf 1

Sekolah ku memiliki taman bunga yang sangat indah. Di sana banyak sekali tanaman bunga yang ditanam seperti bunga mawar, melati dan anggrek. Di sekolah ku juga ada kolam ikan yang cukup besar di depan pintu gerbang sekolah. Tak hanya itu, Lingkungan di sekolahku juga sangat bersih dan banyak sekali pepohonan yang rindang. Sejauh mata memandang kita tidak akan menemukan sampah yang berserakan. Itulah mengapa sekolahku sangat nyaman sebagai tempat belajar.

Paragraf 2

Narkoba memiliki efek candu yang sangat kuat bagi para pemakainya. Mereka pada mulanya akan merasakan gairah yang kuat dan detak jantung yang meningkat. Oleh karena efek candu tersebut, pengguna tidak bisa lepas dari narkoba sehingga mereka akan terus melakukannya. Pemakaian yang banyak dan terus menerus inilah yang dapat menyebabkan overdosis dan kematian bagi para pemakai narkoba. Oleh karena itu, Narkoba sangatlah berbahaya bagi kita semua.


3. Paragraf Campuran

Berdasarkan namanya, paragraf ini merupakan gabungan dari 2 jenis paragraf deduktif dan induktif sehingga memiliki 2 kalimat utama. Kalimat utama paragraf ini diletakan diawal dan diakhir paragraf dimana kalimat utama di awal kalimat sebagai pengenalan topic yang akan dibahas dan kalimat utama di akhir paragraf sebagai restating atau penegas.

Secara umum, kalimat utama memiliki pola sebagai berikut:

Umum
Khusus
Khusus
Umum

Contoh: 
Paragraf Campuran

Paragraf 1

Indonesia merupakan negera yang sangat kaya raya. Kita memiliki kekayaan yang tidak terbatas baik di daratan maupun di lautan. Laut yang sangat luas menyimpan kekayaan hewani dan potensi kelautan seperti ikan, udang bahkan mineral seperti minyak bumi. Di daratan pun, Kita memiliki keberaneka ragaman flora, fauna dan hasil tambang yang menambah inventaris kekayaan Indonesia. Belum lagi penampakan alam nya yang indah, terbentang sangat luas dari sabang hingga kota merauke. Dan yang terakhir kebudayaan yang beraneka ragam pun turut memenuhi kekayaan Indonesia. Melihat semua potensi tersebut, tidak diragukan lagi bahwa Indonesia merupakan negara yang sangat kaya baik budaya maupun kekayaan alamnya.

Paragraf 2

Pasar modal berbeda dengan pasar uang. Pada umumnya, pasar modal (capital market) merupakan pasar yang menjajakan berbagai instrumen keuangan jangka panjang yang bisa diperjualbelikan, baik dalam bentuk uang ataupun modal. Sedangkan pasar uang (money market) merupakan pasar yang menjajakan surat berharga jangka pendek. Oleh karena itu, pasar modal dan pasar uang merupakan satu hal yang bebeda.



sumber : http://www.kelasindonesia.com/2015/03/pengertian-serta-contoh-paragraf-deduktif-induktif-dan-campuran.html

4 komentar:

  1. hay.. nama saya try., salam kenal..,
    makasih sudah berbagi ilmu yang bermanfaat.. pasti sangat membantu teman-teman dalam mencari bahan referensi untuk mengerjakan tugas..

    Oh ia., saya juga punya pembahasan mengenai Paragraf. kalau ada waktu jangan lupa mampir baca Tugas Bahasa Indonesia 'Paragraf Deduktif & Induktif' dan Tugas Bahasa Indonesia 'Paragraf Argumentasi'. siapa tahu bisa bermanfaat..

    BalasHapus
  2. Hy... Salam kenal ya kak..
    Thanks dah mau berbagi ilmunya..
    bermanfaat bgt ini kak dan mbantu ak bgt untuk ngerjain tgs..
    sekali lagi thanks ya kak..
    GBU..

    BalasHapus
  3. salam kenal, aku iKONIC padang, gomawo atas artikelnya :v

    BalasHapus